Khasiat Air Garam

KapanLagi.com - Rasanya sulit dinalar jika mengatasi batuk-pilek dengan air garam saja. Biasanya jika tidak mengeluarkan banyak uang, pengobatan itu kan paling tidak harus sedikit rumit.. Ambil saja contoh, untuk mengobati maag dengan air kunyit kita harus membeli kunyit, mengupas dan memarut kunyit dengan tangan belepotan warna kuning yang tidak hilang-hilang. Nah, untuk mengobati batuk-pilek ini kita cukup ke dapur saja dan melarutkan sejumput garam!

Namun cara tradisional dengan garam ini memang manjur lho. Sebuah penelitian di the Mayo Clinic, yang melibatkan 400 orang secara acak selama musim batuk dan pilek, menemukan bahwa berkumur dengan air garam sebanyak tiga kali sehari bisa mengurangi infeksi pernafasan hingga lebih dari 40 persen. Tidak hanya untuk yang sehat saja, mereka yang sudah terkena batuk-pilek juga mengalami tingkat pengurangan infeksi yang sama.

Bagaimana bisa sejumput bahan yang selalu ada di dapur kita ini memerangi gangguan batuk-pilek yang menjengkelkan itu? The Mayo Clinic Book of Home Remedies menjawab rasa penasaran Anda. Jawabannya adalah, larutan garam atau disebut juga larutan saline, bisa menghilangkan kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di dalam tenggorokan, dan dengan demikian sakit pada tenggorokan pun menjadi berkurang, jelas Dr. Philip T. Hagen seperti dikutip dari The Mayo Clinic Book of Home Remedies.

Beliau juga menambahkan bahwa berkumur dengan air garam juga efektif mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Dengan demikian, reaksi batuk-batuk karena dahak yang susah keluar juga akan reda. Dahak akan keluar membawa bakteri, jamur dan bahan penyebab alergi lainnya sehingga Anda pun terbebas dari batuk. (wo/miw)

Komentar

  1. berguna sekali ... mungkin karena lebih banyak garam dibandingkan gula

    BalasHapus
  2. kalau untuk gusi bengkak gmn?

    BalasHapus

Posting Komentar